Rabu, 03 Juni 2009

Ketika Sebuah KEORIGINALAN Dipertanyakan...(part II)



adduuuh sebenernya banyak banget yang mau aku tulis di sini...cuma waktu yang membatasi..masalahnya aku engga tidur semalaman suntuk..gara2 kelamaan mikirin mata kuliah apa yang bakal aku ambil buat ikut SP ( semester pendek ) pas liburan nanti..cuz banyak banget yang interesting dan aku jadi excited sendiri!

umm..kemaren dari jam 1 sampe jam 4an aku udah mulai nulis lagi,tapi ternyata gara2 ada satu kesalahan yang sangat najong membuatku jadi kesal..tulisan aku yang baru aja kelar tiba2 harus ilang dan belom sempet aku post!!oh meen...how come?!! padahal aku udah ngorbanin sisa jam belajar aku [hari ini aku ada uas Geografi politik!!] untuk nge-blog dan ber-fb ria...aaah s**t memank. padahal tulisan aku udah mantab abiiss,palagi kan ditulisnya malem2 gitu,banyak inspirasi yang nyantol! so,maaf2 kalo tulisan ini sedikit banyak kesubjektifannya,karna aku udah gedeg,kesel duluan..jadi puyeng aku mau mikir apa lagi saking ngantuk2nya ni pagi..huhu. Tapi kalo aku engga nulis dan terlanjur buka blog,engga asik banget..so aku ceritain lagi deh.

ya intinya sih aku cuma cerita kalo aku sempet ilfeel dan kecewa sama salah satu group korea favorit aku..SHINee...di album nya yang menurut aku banyak lagu2 yang so sweet n' awesome malah salah DUA lagu di antaranya ada yang remark-an...aku juga sempet heran gitu,kenapa mereka harus ngebawain lagu Corbin Bleu yang "Deal With It" tanpa aksen pembeda apapun...secara video art,"julliette" [nama lagu SHINee yang copian itu] konsepnya udah bagus banget..t-o-p bener dah pokoknya,70's prom night party gitu! awalnya aku mikir,waah ni lagu seru juga neh bisa bener2 disinkronin gitu sama sparkable style di video nya..*mungkin yang kurang cuma wardrobe mereka..yang maksain buat menonjolkan colourful dan keceriaan dengan memakai tie-dye..>_<

Abis liat berita kalo lagu mereka adalah jiplakan "Deal With It" aku langsung download tu lagu..dan yaa,terjawablah sudah ke-corious-an aku akan kebenaran tu brita..PERSIS..MIRIP..SAMA..RESEMBLE..!!
Ada lagi satu single SHINee yang judulnya " Hit Me" yang aarrggghh..engga nahan..emang easy listening..slow pop gemanaaa..tapi ternyata serius keblinger aku pas ngompare-in langsung sama "Bad Case" nya Jackie Boyz..SAMA LAGI!!!mulai dari lirik,melodi.. oh gosh..ini bukan kenapa-napa..dan aku oke2 aja karna aku engga gitu suka "Hit Me",engga kayak sukanya aku ke "Julliette"..tapi,duh sumpah!aku kecewa..merana..hikz.*jiaaah miss le lebay dasar!!*

Di sini aku engga bermaksud nge-judge SHINee yang engga2...cuma mau mengkritisi aja karna aku sayang sama SHINee..duuh apalagi ama Minho-oppa! Dan segala sesuatu itu harus diungkapkan kan..???[tapi ada saatnya juga sesuatu hal engga mesti ditunjukkin atau diungkapin.yaa kayak cinta maybe..setiap orang berhak menyimpannya dalam hati aja atau dilontarkan sedemikian rupa. ini masalah sikon n' privasi sih!],,tulisan ini adalah ekspresi jiwa aku yang engga ketahan,kalo aku engga nulis,bisa-bisa aku mati redeg*istilah Dea yang dudul abiz* karna ada yang ngeganjel di ati!

Sebenernya kesalahan sepenuhnya bukan di SHINee,tapi mungkin ada beberapa pihak yang melancarkan proses peng-copy cat-an ini...but,somehow..ini tuh udah no wonder terjadi apalagi di Indonesia..beuhh,bisa engga keitung deh peredaran lagu2 para penjiplak atau remarker ( eh.sekali lagi engga pengen nge-judge siapa2 di sini..itu kenyataan,walaupun ada badan yang mengikat mereka supaya bisa nyanyiin lagu copiannya]

Aku cuma sedikit kurang enak aja dengan yang namanya copy cat..itu udah merupakan salah satu hal yang ga banget dan udah sepantasnya engga dilakuin. coba bayangin aja kalo seandainya kita punya band,dan kita diharuskan atau diminta untuk menyanyikan lagu yang notabene nya emang bagus. naah,oke fine kita jadi lebih nge-booming,famous,dll..tapi emangnya rasa satisfied kita bakalan sama dengan karya yang bener2 kita buat sendiri se-kreatif mungkin?? kan engga! jelas beda..bobot sangat signifikan di sini..tanpa bobot 'asli' kita juga engga akan menemukan jati diri dan ciri khas diri kita sendiri. Entar yang ada juntrungannya malah kita tergantung sama hasil karya orang lain dan selalu berusaha mem-publish apa yang seharusnya ga mesti di-publish [ulang].

Emang sih,buat bikin suatu karya adakalanya kita memerlukan proses imitasi,menduplikat karya orang untuk ngeliat gambaran medan pasaran [konteksnya di sini lagu] nantinya. Tapi kan engga mesti tok,100 % sama dalam penerapannya. Mesti ada unsur pembeda yang mencakup hal2 teknis mau pun mekanis dari suatu karya itu sendiri..lah kalo bener2 sama persis,engga ada improvisasi dan tambahan2 lain??penonjolan dari segi art emang baik,tapi kan ada baiknya kita berusaha menunjukkan keharfiahan suatu karya dari dalem sebelum melangkah ke hal2 luar semacam mekanis(pembuatan music video) seperti yang aku bilang tadii..

mungkin bagi mereka yang engga ngerti musik atau sekedar tau SHINee ga akan nyadar dengan masalah ini,jadi engga ngaruh dan means nothing banget. Tapi buat SHINee World??mana tau tanggepan mereka tentang hal ini...terutama aku,SHINee World yang selalu curious sama berita2 dan all bout SHINee..

SHINee udah jadi group favorit dengan sejuta penggemarnya mulai dari anak bayi,balita,remaja,kakek2,ibu2,bapak2,semua yang ada di siniiiiiiii... (hloh?don't be lebay de..),kayaknya keabsahan karya sebuah group perlu dipertanyakan,bukan sekedar lagunya nge-hit dan fans dari group itu banyak,,

Sayang aja laah SHINee yang keren harus menanggung hal yang kurang terpuji..even sekali lagi aku tegesin,pihak PH SHINee sendiri bilang udah minta ijin sama pihak lagunya di-remark,tapi oh tapi kenapa ya format penyampaian lagu "Julliette" sama sekali engga ada bedanya sama "Deal With It" itu??Kalo emang mau nge-remark lagu orang lain,dengan cara re-aransemen original song nya juga engga apa-apa!malah bagus..Duuh,at least ada improvisasi deh di sana-sini!!

Mungkin sebab atau faktor lain yang ngebuat SHINee 'harus' menyanyikan lagu itu adalah daya komersil mereka yang emang tinggi dan keprestige-an lagu2 yang dibawakan mereka.Jadi pihak dari SHINee engga segan memanfaatkan kesempatan mutualisme ini.

Apapun...semoga aja kepercayaan masyarakat atas SHINee engga luntur,

SHINee tetap SHINee dengan ke-ears catchy-an lagu2 nya..tetap dengan semangat dari tiap personilnya dan semoga dunia tetap trus shining like SHINee!!


0 komentar on "Ketika Sebuah KEORIGINALAN Dipertanyakan...(part II)"

Posting Komentar

Welcome

Followers

ShoutBox


ShoutMix chat widget

My Blog List

 

.Music. .Love. and .Me. Copyright 2008 Shoppaholic Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez